Hokkaido Milky Loaf with Organic Yeast

Banyak resep Hokkaido Milky Loaf bisa kita temui. Satu hal yang membuat resep Hokkaido Milky Loaf versi Jelajah Kuliner ini istimewa adalah resep Hokkaido Milky Loaf ini 100% organik!


Resep ini saya dapatkan dari websitenya mbak Endang di just try & taste. Nah dari keterangannya, beliau juga mengadaptasi dari Christine’s Recipes – Hokkaido Milk Toast yang diadaptasikan dari resep asalnya di blog Angie’s Recipes – Hokkaido Milky Loaf & Water Roux – Taizhong Starter

Dari semua resep di atas, yang membuat saya harus berjuang extra keras adalah perjalanan panjang demi menghindari segala macam yang instant-instant termasuk ragi instant.

Mengapa demikian? Tubuh saya ini bawel sekali. Kalau terkena zat yang tidak alami dia akan menunjukkan gejala yang “njelehi” atau menyebalkan kalau bahasa Indonesianya. Tenggorokan saya bisa langsung sakit. Terkadang bukan tenggorokan yang sakit tapi tubuh akan terasa lemas bak tanpa tulang selang beberapa saat kemudian. Paling ringan kalau tiba-tiba saya bersin-bersin sampai setengah jam dan disusul dengan hidung meler…. huuuhhhfft!!!!

Tantangan Menggunakan Ragi Organik

Nah roti ini tidak akan berhasil tanpa ragi. Jadi saya kuprek-kuprek, saya browsing dan surfing (tanpa pantai nih ya). Akhirnya saya terdampar di grup facebook  yang mana saya lupa apa namanya saking lamanya saya tidak aktif lagi di grup itu hehehe… kalau ga salah sih Homemade Natural Bread Club. Di situ ada cara untuk membuat ragi alami dari buah-buahan, sebisa mungkin buah organik. Ini cocok untuk saya.

Sebelum membuat Hokkaido Milky Loaf ini, saya berjuang dulu setidaknya dua minggu untuk mendapatkan ragi alami. Berkat dukungan alam semesta, saya berhasil saudara-saudara….!!!!!!

Tantangan selanjutnya adalah mengkonversi resep dengan menggunakan ragi alami. Tidak semudah memakai ragi instant ya, menggunakan ragi alami ada rumusnya. Jadilah saya bermatematika ria sebelum membuat roti. Awalnya di resep kulikan saya, saya tulis:

Good luck for me!!!

Dan ketika rotinya jadi…. clinggggg!!!!!! BERHASIL YAAA SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN, SEBANGSA SETANAH AIR, SEBUMI SESEMESTA….

Hokkaido Milky Loaf with Organic
#thebestloaf #homemade #naturalyeast #organicyeast #homemadeyeast

Ini merupakan prestasi terbesar saya dalam per-baking-an. Perlu dirayakan nih… wine mana? wine?

Berikut resepnya ya……

Untuk resep ragi alaminya ada di sini (akhirnya saya menemukan juga laman facebooknya) matur nuwun suhu baking bu Andri Ratna Sari Wibowo yang sudah sudi menyarikan dan menuliskan cara membuat ragi alami dari buah step by step. Untuk pembuatan rotinya, saya mengikuti cara mbak Endang di websitenya justryandtaste.com, matur tengkiu mbak Endang.

Berikut resep Hokkaido Milky Loaf

Bahan water roux – taizhong starter:
– 50 gram tepung terigu protein tinggi
– 250 ml air

Bahan roti:
– 540 gram tepung terigu protein tinggi
– 86 gram gula pasir halus
– 1/2 sendok teh garam
– 1 sendok makan susu bubuk full cream
– 295 gr ragi starter organik
– 1 butir telur ayam, kocok lepas
– 73,5 ml susu cair
– semua adonan taizhong diatas
– 50 gram mentega cair

Glaze (untuk mengolesi roti):
– 1/2 sendok makan susu bubuk
– 1 sendok makan air
atau: 1 butir telur kocok lepas

Cara membuat:
Taizhong Starter

Untuk membuat taizhong starter, kita perlu menggunakan panci yang kecil saja. Campurkan tepung dengan air (setengah saja) kemudian aduk sampai larut dan bercampur baik. Kemudian tambahkan sisa airnya lalu aduk rata.

Masak larutan di atas kompor dengan api kecil saja. Aduk terus sampai adonan menjadi kental, angkat lalu sisihkan hingga dingin.

Membuat roti

Campuran A: Masukkan terigu, garam, gula pasir halus, susu bubuk full cream ke dalam mangkok. Aduk rata.

Campuran B: Siapkan mangkuk besar.  Masukkan adonan taizhong, ragi starter organik, telur serta susu cair. Aduk hingga rata. Masukkan campuran A. Aduk dengan spatula atau bisa juga dengan jari-jari anda sampai campuran A dan B menyatu. Masukkan mentega cair lalu aduk lagi. Jika sudah menyatu, saatnya kita menguleni.

Menguleni

Untuk menguleni, anda bisa menggunakan meja atau telanan atau panci besar, asal bersih saja. Taburi tempat menguleni dengan terigu. Letakkan gumpalan adonan di atasnya, uleni. Kalau mengutip resep mbak Endang cara menguleninya adalah sebagai berikut:

“uleni adonan dengan menekannya menggunakan puncak telapak tangan dan mendorongnya menjauhi badan anda. Putar adonan selama menguleni sehingga semua sisi adonan terproses dengan baik. Uleni selama + 30 menit hingga menjadi adonan yang smooth dan halus. Bentuk adonan menjadi bola bulat yang padat. Masukkan adonan ke dalam mangkuk yang telah diolesi dengan sedikit minyak. Tutup dengan kain bersih dan biarkan selama 40 menit hingga 1 jam, sampai adonan membengkak menjadi minimal 2 kali lipat.”

Pukul adonan sampai kempes. Jika menggunakan loyang kecil maka adonan perlu dibagi dua. Jika loyangnya agak besar maka tidak perlu dibagi dua. Bagi menjadi beberapa bagian. Kalau saya, saya bagi menjadi enam bagian yang sama besarnya. Bulatkan masing-masing potongan, tutupi dengan kain bersih yang kering dan diamkan kembali selama 15 menit.

Kembali mengutip resep mbak Endang:

“Setelah 15 menit, gilas masing-masing potongan dengan ketebalan kira-kira 1 cm, lipat sisi kiri dan kanan ke tengah, kemudian gilas kembali adonan hanya agar lipatan menjadi tertutup rapat dan gulung adonan. Lakukan pada semua bagian adonan, tata gulungan adonan ke dalam loyang loaf dengan bagian ujung lipatan berada di bawah. Tutupi loyang dengan kain dan biarkan beristirahat selama 1 jam atau hingga mengembang menjadi 2 kali lipat. Olesi permukaannya dengan susu cair atau telur kocok.”

Selama menunggu resting yang satu jam ini, ketika waktu tinggal 30 menit panaskan oven. Tepat 30 menit kemudian, masukkan roti ke dalam oven. Panggang selama 40-45 menit atau hingga permukaannya berubah menjadi kecoklatan. Keluarkan dari oven. Dinginkan. Siap disantap.

Roti Super Lembut Siap Tersaji

Hokkaido Milky Loaf with Organic
#hokkaidomilkyloaf #organicyeast #homemadeyeast

Roti ini super lembut dan enak sekali. Kalau musti beli, saya mau membeli roti ini di toko walau harganya dibandrol 30K per potong, sekali bikin saya bisa menghasilkan 180K ini hahaha…. tentu saja mahal karena perjuangannya super nih. Tapi untungnya tidak saya jual, anak2 dan suami saya cukup membayar dengan cinta hihihi…..


Sources:

Just Try and Taste – Hokkaido Milky Toast

Homemade Natural Bread Club

Christine’s Recipes – Hokkaido Milk Toast
Angie’s Recipes – Hokkaido Milky Loaf
Angie’s Recipes – Water Roux – Taizhong Starter
Happy Home Baking – Hokkaido Milky Loaf

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.