Tahu Tempe Bumbu Rujak

Bagi orang Jawa, masakan bisa dibagi menjadi beberapa genre besar; berkuah bening, berkuah santan, tumisan, garingan alias keringan. Berkuah bening bisa sop, soto, bakso. Dlm genre ini pun variannya lumayan banyak. Misalnya sop, ada sop ayam, sop ceker, sop daging sapi, sop buntut, dan sop2 lainnya.

Sementara sub genre soto pun sangat beraneka warna. Biasanya tiap daerah memiliki ciri khas soto masing2, misalnya soto kudus, s(r)oto sokaraja, soto semarang, soto boyalali, belum lagi varian ayam, daging sapi, dan jeroan.

Sementara untuk tumisan juga beraneka macam. Hampir semua jenis sayur bisa ditumis karena cara masaknya yg sederhana hanya dengan minyak goreng sedikit lalu semua bumbu dimasukkan baru kemudian sayurannya.

Untuk sayur berkuah santan, variannya juga banyak. Beberapa mendapat pengaruh dari daerah lain di luar negeri seperti kare. Namun sayur santan yang original juga banyak, ada lodeh, gule, tongseng, kluwih/gori.

Nah, untuk mengisi banyaknya waktu luang di masa karantina mandiri demi memutus mata rantai penyebaran Covid 19, saya memasak sayur tahu tempe bumbu rujak. Sedikit sejarah masakan ini dalam keluarga saya, ibu saya dulu sering memasak bumbu rujak ini karena aromanya yang wangi serta semua bahan dimasukkan dlm keadaan segar.

Setelah menelpon ibu saya untuk menanyakan resep bumbu rujak ini, saya pun segera mengeksekusinya. Dan setelah matang, ternyata rasanya lezat sekali. Mantap jiwa pokoknya.

OK, segera beralih ke resepnya ya sodara2.

Bahan:

Tahu putih 2 buah, setiap tahu dipotong menjadi 4.

Tempe daun 6 bungkus, setiap bungkus dipotong menjadi 3.

Bumbu yg dihaluskan:

6 buah bawang merah

5 siung bawang putih

10 buah cabe merah keriting (sesuai selera)

3 buah kemiri

2 cm kunyit

Bumbu lainnya:

2 lembar daun salam

4 cm lengkuas (digeprek)

1 batang serai (digeprek)

3 tangkai daun jeruk

1,5 sdm garam

200 ml santan kental

300 ml air

3 sdm minyak goreng

Cara memasak:

1. Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bumbu halus sampai agak kering. Masukkan salam, lengkuas, serai & daun jeruk.

2. Masukkan tempe potong, aduk rata. Masukkan tahu putih, aduk sebentar. Tambahkan air. Didihkan.

3. Masukkan santan dan garam. Didihkan. Kecilkan apinya. Biarkan mendidih sampai setidaknya 15 menit agar meresap ke tahu dan tempe. Matikan kompor & siap dihidangkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.