Semur Kentang Daging Sapi yang Enak

Memanfaatkan persediaan daging sapi di dalam kulkas dan beberapa buah kentang saya memutuskan membuat semur. Inilah semur kentang daging sapi yang enak banget.

Di Masa Pandemi

Menjalani semi karantina selama hampir 2 bulan karena pandemi COVID-19 ternyata cukup mengesankan. Sisi kurang enaknya, bosan selalu menjadi tantangan terbesar bagj anak-anak. Belum lagi ketika mereka merasa harus menjalani puasa Ramadan. Sudahlah lapar, bosan, keluar rumah dibatasi, tentu anak-anak protes, hampir tiap hari bahkan.

Salah satu yang bisa ditawarkan untuk menghilangkan rasa kebosanan mereka adalah memberikan kegiatan yang bervariasi setiap harinya. Ada kalanya mereka mencari kegiatan sendiri. Jika sudah bosan, mereka akan mencoba kegiatan yang biasa dikerjakan orang dewasa. Mungkin dengan demikian mereka merasa keren, entahlah.

Sisi positif dari semi karantina ini adalah semua orang bisa kembali menjalani hobi masing-masing. Hobi yang selama ini mungkin tidak terjamah karena kesibukan pekerjaan. Lebih bagus lagi, menjalani hobi kali ini dengan tambahan tenaga yang membantu: anak-anak.

Mengisi Kegiatan Positif

Hobi saya memasak telah membuahkan beberapa toples kue kering dalam seminggu ini. Saya dan anak-anak berhasil menbuat kastangel (yang sekarang sudah hampir habis), kue semprit, dan yang paling sukses adalah nastar.

Namun kali ini saya tidak akan menceritakan tentang membuat masak, well, mungkin kesempatan selanjutnya saya akan berbagi resep saktinya. Kali ini daya akan berbagi resep semur.

Saat buka puasa, anak-anak meminta dibelikan nasi goreng dan bakmi goreng. Hal ini terjadi karena seharian saya harus mengikuti sebuah webinar tentang riset sosial, mengerjakan pekerjaa. kantor di rumah, serta dipaksa duo princess untuk membuat nastar. Saya tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak. Nah, duo princess ini memutuskan untuk hanya menyantap sebagian nasi dan mie goreng untuk berbuka puasa, sisanya akan mereka makan di waktu sahur. Sementara si boy menghabiskan satu porsi. Dia tidak memiliki cadangan makanan untuk sahur. Menimbang kondisi ini, saya memutuskan untuk masak di malam hari. Jam 10 malam saya mulai menanak nasi & memasak sayur. Kebetulan di kulkas ada daging sapi, dan saya masih mempunyai beberapa buah kentang. Akhirnya saya memutuskan membuat semur. Hasilnya enak banget.

Berikut resep kentang daging sapi yang enak.

Bahan-bahan untuk membuat semur kentang daging sapi yang enak:

  • 200 gr daging sapi
  • 2 buah kentang, kupas, potong lalu goreng sampai matang.
  • 2 sdm bawang goreng
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Bahan yang dihaluskan:
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 1/4 pala
  • 1 sdt merica

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan potongan daging sapi, masak hingga daging sapi berubah warna lalu masukkan 1/2 gelas air dingin. Didihkan selama 3 menit. Matikan kompor.

2. Setelah kompor mati selama 15 menit, nyalakan kembali. Dengan teknik ini daging sapi akan cepat empuk. Setelah mendidih kembali, masukkan kecap manis, kecap asin, garam, gula. Biarkan 1 menit. Masukkan kentang goreng, didihkan kembali selama dua menit. Matikan kompor, taburi dengan bawang goreng.

3. Semur kentang daging sapi yang enak siap dihidangkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.