Ca Bayam Ayam Favorite Keluarga

Bayam merupakan jenis sayuran yang sangat umum dan dapat ditemui hampir di semua tempat. Dulu mungkin cukup sulit mendapatkan bayam segar di negara-negara bersuhu dingin maupun daerah gurun pasir. Maka, terima kasih kepada global kapitalisme, saat ini bayam bisa didapatkan dengan mudah di mana saja. Karenanya ca bayam bisa disajikan di seluruhdunia.

Bayam yang Kaya Zat Besi

Menurut jenisnya, bayam ada beberapa macam. Yang paling sering ditemui di Indonesia ada dua jenis, yaitu bayam petik (Amaranthus hybridus ) dan bayam cabut (Amaranthus tricolor).  Menurut wikipedia, orang Indonesia dan orang Malaysia sering salah menerjemahkan bayam ke dalam bahasa Inggris dengan spinach, padahal spinach adalah jenis tanaman yang berbeda. Sementara kalau melihat jenis tanamannya, bayam di Asia Timur dan Tenggara akan disebut Chinese Amaranth.

Dari penampakannya, bayam terbagi menjadi dua, yaitu bayam hijau dan bayam merah. Secara tradisional, bayam hijau lebih umum dikonsumsi masyarakat dibandingkan bayam merah. Bayam merah ini mulai dikenal masyarakat Indonesia dan umum dikonsumsi belum lama. Mungkin karena tidak memiliki tradisi mengolah bayam merah maka kuliner Indonesia jarang ada, kalau tidak mau dikatakan tidak ada, masakan khusus dari bayam merah. Pada prakteknya, bayam merah hanya diolah sebagaimana orang mengolah bayam hijau biasa. Namun sampai saat ini, kalau ada tidak ada tujuan tertentu, misalnya untuk diambil zat khusus yang ada pada bayam merah seperti karoten atau zat warna merah, bayam merah cukup mengagetkan konsumen karena akan menghasilkan kuah berwarna merah darah.

Pengolahan

Kalau biasanya bayam dimasak bening yang pengolahannya cukup sederhana, yaitu hanya dengan direbus bersama bawang merah dan daun salam, ibu saya justru tidak demikian cara mengolahnya. Beliau mengolahnya dengan sedikit ditumis namun kuahnya berlimpah. Kalau sayur bening sama sekali tidak menggunakan minyak goreng, hasilnya lebih segar dan sehat, namun dari kecil saya sudah sangat menyukai ca bayam. Dan saya kurang menyukai sayur bening bayam. Meskipun begitu, sekali-sekali saya akan membeli makan siang saya di kantin kantor dengan sayur bening bayam, sambal mentah serta tempe goreng garit. Hemmm yummy….

Tapi di sini saya akan membicarakan mengenai ca bayam kesukaan saya. Sayur yang satu ini sebenarnya lebih cenderung dominan rasa bawang merah. Uniknya, bawang merah tidak diikut dimasak di atas api. Bawang merah hanya menjadi taburan saja. Namun demikian, ketika saya sudah memiliki keluarga sendiri, saya menemukan resep lain yang justru tidak menggunakan bawang merah goreng, namun bawang merah turut dimasak di atas api. Soal hasil, ya sebelas dua belas lah dengan masakan ibu saya. Tapi kalau suka, bawang merah goreng pun bisa ditaburkan lagi ketika api di kompor sudah dimatikan. Pasti rasanya lebih enak lagi, cuma anak-anak saya malah tidak suka karena menurut mereka itu terlalu gurih.

Bayam hijau kuah kaldu ayam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.